Pages

Minggu, 01 Januari 2012

dekorasi

               Mementaskan lakon adalah menampilkan visi sutradara. Scenery termasuk dalam penampilan visi itu. Untuk itu scenery perlu dirancang agar pelaksanaannya dapat membantu/menunjang pemeran atau memberikan keadaan lingkungan tempat pemeran berada.
A. Pengertian Dekorasi (Scenery)
              Dekorasi adalah elemen visual yang melingkupi seluruh area permainan. Elemen-elemen visual tersebut antara lain benda-benda alam, tumbuh-tumbuhan, batu-batuan,  dan perabot rumah tangga. Harymawan (1988)
Pergelaran teater merupakan suatu pergelaran yang diperuntukkan bagi penonton untuk dinikmati keindahannya, untuk dinikmati gerak laku pelaku beserta lingkungannya, untuk diketahui seberapa jauh pengaruh situasi dari lingkungan tadi terhadap pelaku (peran).
B. Tujuan dan Fungsi Dekorasi
 Tujuan dekorasi adalah untuk melatarbelakangi suatu permainan. Fungsi dekorasi adalah untuk membantu menghidupkan suasana sehingga lakon menjadi hidup.  Bila suatu adegan mengambil lokasi daerah perbukitan, maka  digunakan benda-benda alam misalnya gambar pegunungan dengan berbagai macam pepohonannya sebagai latar belakangnya. Dengan situasi semacam ini, diharapkan setting tempat akan dapat dimengerti penonton.
C. Perlengkapan Dekorasi
Dekorasi yang merupakan sarana pelengkap dalam suatu pergelaran teater terdiri dari bermacam-macam.  Setiap adegan dari suatu lakon yang digelarkan bisa jadi  memerlukan dekor tersendiri sesuai dengan situasi lingkungannya. Yang perlu diperhatikan adalah  bahwa hanya pada teater proscenium sajalah suatu pergelaran dapat menggunakan dekorasi yang lengkap.
Perlengkapan-perlengkapan teater yang dapat dipergunakan untuk mewujudkan suatu konsep dekorasi ada beberapa seperti tersebut di bawah ini.
1.   Drop terbuat   dari lembaran kain, baik yang ada lukisannya  maupun yang tidak. Pada kelompok teater tradisional drop ini dilukis dan digunakan sebagai lata belakang suatu adegan. Drop ini dipasang menggantung dan dapat dinaikturunkan dengan cara menggulung (sistem contour) drop tersebut. Pada masa kini drop lebih banyak digunakan sebagai back drop dan dipasang di  pentas paling belakang.
2.  Drapery  terbuat dari kainyang polos. Drapery ini dapat berfungsi sebagai back drop, sebagai hiasan proscenium (bagian atas dalam), sebagai tirai pembuka dan penutup (Grand Drapery).
3.   Flat      terbuat dari kain yang direkatkan pada kerangka kayu dalam bentuk tertentu menurut kebutuhan. Yang termasuk flat antara lain:
-    dinding yang berpintu dan jendela
-    tiruan  gapura
-    tiruan  batang pohon
-    tiruan benda-benda ekspresif
4.  Plastic Pieces  adalah suatu dekorasi yang dibuat sedemikian rupa sehingga menggambarkan efek tiga  dimensi. Misalnya batu-batuan, pepohonan, gundukan tanah, dan sebagainya.
5.  Act Curtain   merupakan  suatu layar yang dipasang di belakang layar penutup pada proscenium. Proses kerja  layar ini juga ada yang dilaksanakan dengan sistem Fly Curtain.
6.  Tormentor   merupakan  suatu bingkai yang dipasang di bagian belakang proscenium untuk mempersempit mulut pentas.
7.  Teaser   adalah lembaran kain yang direntangkan melintang antara dua  tormentor bagian atas. Teaser ini semotif dengan tormentornya dan dapat dinaikturunkan menurut kebutuhan.
8.  Wing       termasuk   jenis flat yang dipasang berjajar ke belakang di kiri kanan arena pentas dengan jarak tertentu sebagai sarana pembentuk ruang.
9.  Border    merupakan lembaran kain yang direntangkan melintang antara dua wing  bagian atas. Border ini semotif dengan wing dalam fungsinya sebagai pembentuk ruang.
10. Cyclorama berbentuk kanvas yang agak melengkung dan dipasang atau digantung di bagian belakang area pentas (back drop) untuk menggambarkan  latar belakang, baik dengan sorotan sinar berwarna atau dengan proyektor film. Dengan sendirinya kain yang digunakan adalah jenis kain putih tembus pandang. Di samping cyclorama sebagai kanvas, ada jenis cyclorama dengan fungsi yang berbeda yaitu:
-          Cyclorama yang berfungsi sebagai Interior  penggambaran suasana atau keadaan di dalam ruang/rumah.
-          Cyclorama yang berfungsi sebagai exterior penggambaran suasana atau keadaan di luar ruang/rumah.
      Penggunaan dekorasi untuk suatu pergelaran, di samping mengingat kondisi pentas juga harus mempertimbangkan konsep ceritera, tema ceritera warna lampu yang digunakan dalam pertunjukan. Biasanya dekorasi pergelaran tari jarang menggunakan, walaupun ada hanya pada even tertentu.
  
D. Pengaturan Dekorasi
           Dekorasi di samping mengandung unsur keindahan juga mengandung unsur kewajaran, maka sudah barang tentu setiap pengaturan dekorasi haruslah dengan perhitungan dan pengamatan yang cermat. Perlu  diperhatikan struktur setting  dan jenis perlengkapan dekorasi yang akan dipasang.
      1.  Penggolongan perlengkapan dekorasi.
            Pada dasarnya ada 2 penggolongan perlengkapan dekorasi yaitu:
-          Dekor Alam terbuka : batu-batuan, pepohonan dan sebagainya.
-          Dekor alam tertutup : meja, kursi, almari dan sebagainya.
            Dari kedua kelompok ini penggunaannya masih tergantung pada bentuk setting. 
Ada kemungkinan suatu adegan terjadi di luar ruangan atau di dalam ruangan. suatu adegan di dalam ruangan dapat menggunakan perlengkapan dekorasi yang berupa pohon-pohon kerdil yang  di tanam dalam pot. Sebaliknya suatu adegan di luar ruangan dapat menggunakan perlengkapan dekorasi perabot rumah tangga.
2.  Pengaturan Bentuk Ruang
-          Drop dan Wing Setting merupakan ruang yang dibatasi oleh Drop dan Wing.
-          Box Setting merupakan ruang yang dibatasi oleh Cylorama dan berfungsi sebagai Interior. Tirai penutup dapat merupakan dinding yang ketiga atau keempat tergantung pada bentuk ruangnya.
3.  Design Dekorasi
a.      Naturalis  
 Di dalam usaha menampilkan imitasi alam, segala aspek alam  digambarkan secara nyata dengan lebih banyak menggunakan alam sebebenarnya. Misalnya Teater tradisional di Bali menggunakan Pura sebagai dekor natural.
b.      Realis       
 Dalam usaha meniru alam sesungguhnya, dekorasi didesain dengan menggunakan beberapa benda alam (pot bunga, ranting).
c.       Impressionis         
 Seniman menerapkan suatu ungkapan murni dari suatu kesan (impresi) yang telah dialaminya. Ungkapan ini merupakan ungkapan kesan individu tanpa terlalu memperhatikan detailnya. Misalnya pohon kamboja sebagai kesan sebuah makam.
d.      Ekspressionis        
 Bebas dari konvensi teater  dan merupakan ungkapan  ekspresi jiwa penciptanya. Misalnya bentuk flat bergambar mega untuk mengungkapkan ekspresi langit.

e.  Simbolis                 
Pengungkapan suatu dekorasi lewat lambang. Lambang ini dapat diungkapkan lewat benda (candi), garis (lurus, lengkung), dan  warna. Candi sebagai latar symbol  masyarakat Hindu, garis lurus melambangkan keagungan, warna hijau melambangkan kedamaian, dan sebagainya.
a.       Cyclorama           
Penggambaran alam yang hidup dengan menggunakan proyektor (Proyected Scenery).
b.      Non Standard Type
Standard type  merupakan usaha mendekati alam dengan menggunakan bahan alam. Misalnya menuangkan lumpur di area pentas sebagai lahan persawahan.

4.  Komposisi Dekorasi
Dekorasi yang merupakan salah satu unsur menghidupkan lakon, berfungsi pula untuk membantu menghidupkan acting. Untuk keperluan inilah maka dekorasi perlu pula memperhatikan unsur komposisi.  Komposisi dekorasi merupakan pengaturan benda-benda mati (Komposisi Statis) yang akan melebur dengan blocking (Komposisi Dinamis).
Nilai keindahan komposisi bersifat subjektif. Satu pihak cenderung pada komposisi seimbang (Simetris), di lain kelompok cenderung pada komposisi tak seimbang (Asimetris). Unsur manusia (komposisi dinamis) dengan unsur benda (komposisi statis) akan saling mengisi sehingga merupakan satu kesatuan penyajian yang bulat dan utuh. Komposisi asimetris kadangkala lebih memungkinkan untuk mengembangkan blocking.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam komposisi adalah :
-  Kewajaran      : diselaraskan dengan sumber ide konsepnya.
-  Keserasian      : memperhitungkan kondisi pentasnya
-    Keseimbangan: adanya keseimbangan antara kuantitas dan kualitas sehingga    tidak menimbulkan gangguan psikologi penonton.
-    Identitas          :  penuntun untuk menebak ide yang dipaparkan