Pages

Minggu, 01 Januari 2012

sejarah pentas

Untuk mengetahui lebih jelas tentang tempat pertunjukan/pentas perlu diketahui terlebih dahulu tentang sejarah yang terkait dengan seni pertunjukan.

A. Sejarah  Pentas (tempat pertunjukan)

1.      Zaman Primitif :
Lakon teater  yang disajikan pada zaman ini   bersumber pada kegiatan kultural, dengan tujuan kepercayaan, religi. Tempat pelaksanaan bergantung pada alamiah saat itu, di alam terbuka, di kompleks candi dimana tempat dewa bersemayam dan disembah.
2.      Zaman  Yunani :
Pada zaman Yunani lakon bersumber pada pemujaan Dewa Dionysos. Tempat pelaksanaan bentuknya  melingkar, tak ada batas antara pemain dan penonton. Kurang lebih lima abad sebelum masehi berkembang kehidupan kultural yang gemilang/abad keemasan sekaligus merupakan titik tolak sejarah teater barat. Konstruksi teater pada  zaman  Yunani  ada beberapa macam,
a.       Orchestra  : tempat bermain
b.      Tymele       : pusat orchestra, sebagai tempat puncak pemujaan
c.       Theatron    : tempat penonton
d.      Scene         : tempat berpakaian dan beristirahat pemain
Mula-mula tempat ini dibuat sangat sederhana, letaknya di depan theatron, kemudian dibuat lebih baik dan indah karena sekaligus digunakan sebagai latar belakang pemainan. Scene memiliki tiga pintu; pintu tengah adalah jalan masuk istana dan protagonis atau tokoh sentral. Kebiasaan ini menjadi tradisi bagi pementasan lakon Yunani dan Romawi.
e.       Parodos     : ruang untuk  keluar masuk pemain yang terletak di antara
   scene dan orchestra. Sebelah kiri/ kanan scene.

      f.  Parascenia  :  Side wing, sekat kiri/kanan scene
g. Prascenia : Forestage, tingkat kedua di atas scene. Atap tingkat menonjol ke  depan menjadi plat form, ini disebut proskenion.              Dari nama ini kita mengenal istilah proscenium.
      h. logeion        : Di atas proscenion  sering   digunakan     sebagai     pentas
                                 (balkon).
3.      Zaman  Romawi :
Pada zaman ini mengoper bentuk teater Yunani dengan perubahan-perubahan sepanjang sejarah mengarah pada perkembangan masa kini. Teater mengarah pada hiburan. Ruang penonton terletak di  sebagian besar.   Lakon dimainkan di tempat yang merupakan kesatuan dengan latar belakang. Latar belakang bangunan besar dan mewah. Pentas terlindung oleh atap, sedangkan pada saat cuaca buruk penonton bisa terlindung di atasnya. Cerita atau lakon yang dimainkan berkaitan dengan kejayaan, kebesaran karajaan dan berkaitan dengan kekuatan,serta kekuasaan. Raja adalah wakil tuhan sehingga semuanya mulai dari keluarga prajurit harus patuh.

4.      Zaman Abad Pertengahan :
Bentuk konstruksi pada abad pertengahan masih  primitif (teater kereta), dan bisa lebih luas dan mewah (teater simultan). Secara sederhana teater bisa dibongkar- pasang dan berpindah-pindah. Model pentas bisa diubah-ubah disesuaikan dengan lakon. Penonton berdiri  pada tiga perempat lingkaran di sekitar pentas yang biasanya ditempatkan di atas kereta. Pemain bermain di depan tirai, berganti pakaian di belakang tirai. Lakon yang dimainkan sudah tidak ada kaitannya dengan kepwercayaan atau religi, tetap banyak lakon yang bersifat hiburan atau tontonan.
5. Zaman Elizabhetan :
Zaman ini berkembang gaya yang khas atau spesigfikasi yang  ditunjang oleh Ratu Elizabeth I di Inggris. Teater ini  terkenal sebagai tempat William Shakhespeare (1564-1616) mencipta karya-karyanya di losmen, tempat rombongan melakonkan cerita. Mula-mula pertunjukan dilaksanakan di tempat terbuka/di kompleks losmen yang dikelilingi oleh  gallery tempat penonton. Pentas berada di ujung tempat terbuka itu dan  ditutup tirai. Di belakang tirai itu pemain berganti pakaian.
6.      Zaman  Renaissance :
Di Eropa Barat tumbuh berbagai bentuk konstruksi teater. Dalam konstruksi tersebut terdapat pemisahan antara pemain dan penonton teater selanjutnya teater tersebut  menjadi gedung yang tertutup dan mengalami perkembangan tata sinar dekorasi.
   6.1.  Teater Perspektif :
Dekorasi tetap di tempat lakon dipetunjukkan. Pentas terdiri dari dua  bagian
Bagian depan disebut proscenium untuk bagian yang meninggi dan bertemu dengan dekorasi belakang untuk menimbulkan pemandangan yang perspektif dari masing-masing lakon yang dibuat beraneka dekorasi yang terlukis, seperti istana, candi, jalan besar, pemandangan alam, dan sebagainya.
  6.2 .  Teater dengan dekorasi yang bisa digerakpindahkan.
Kurang lebih pada abad enam belas orang merasa adanya kebutuhan akan bentuk pentas yang lebih lincah, hal ini karena perkembangan adanya lakon opera yang mempertunjukkan repertoar-repertoar selingan dan acara nyanyi. Untuk mengurangi vakum pertunjukan,  mula-mula digunakan dekorasi yang berbentuk segi tiga dan digerakkan pada poros yang memungkinkan membalikkan gambar dengan memutar dekorasi pada poros tersebut. Kemudian prisma-prisma tersebut  diganti dengan drop dan wing  (coulisen)  yang dikenal  sekarang ini.
6.3. Teater loge
Ada perbedaan harga tanda masuk antara yang murah dan mahal, antara orang biasa dan orang penting. Ketika rakyat mengunjungi teater, kaum bangsawan merasakan perlu adanya pemisahan ini.
   6.4.   Teater dengan dekorasi yang tertutup :
Pertunjukan yang lebih realistis dari lakon dramatik diperlukan dekorasi dengan latar belakang yang menciptakan ilusi yang dituntutnya. Dibuat ruangan-ruangan kamar dan plafon sehingga muncul dekorasi realistis seperti sekarang.
 B. Bentuk Pentas
Indonesia terdiri berbagai macam etnis atau suku bangsa  kaya akan seni dan budaya sehingga memiliki tempat pertunjukan yang beraneka ragam jenis dan bentuknya.  Bentuk tersebut sesuai dengan situasi atau jenis pertunjukan, misalnya yang berkembang di masyarakat pedesaan di lingkungan tembok istana, dan yang bersifat ritual atau berkaitan dengan keagamaan.  Bentuk pentas  di Indonesia pada dasarnya dibagi menjadi 3 jenis yaitu (1) bentuk arena, (2) bentuk proscenium, dan  (3) bentuk campuran.
1.      Bentuk Arena
   Teater terbuka atau arena adalah pentas yang meniadakan batas pemisah antara pemeran dengan penonton. Daerah pemain di tengah, dan  penonton berada di sekelilingnya. Bentuk ini merupakan bentuk yang paling sederhana.
 Ciri bentuk pentas arena tersebut  adalah ;
a.    antara pemeran dan penonton hampir tidak memiliki batas
b. tidak memerlukan pelayanan yang khusus, misalnya menggunakan skeneri yang realistis tiap pergantian adegan
   Di Indonesia pada zaman dahulu terdapat berbagai bentuk pentas. Sebenarnya sangat sulit memastikan bagaimanakah bentuk awal pentas yang sebenarnya dan kapan dimulainya. Pengertian pertunjukan dulu pada hakikatnya adalah pernyataan manusia untuk menyampaikan rasa batinnya kepada  Sang Hyang Widiwasa, Sang Penguasa,  atau manusia lain.
     Apabila halaman pura di Bali dipergunakan untuk menyampaikan pernyataan manusia kepada Sang Hyang Widiwasa, maka halaman pura dapat disebut pentas, dapat pula tidak. Dapat disebut pentas apabila dijadikan  tempat pertunjukan, dan tidak disebut pentas apabila halaman pura digunakan untuk beribadah.
     Bentuk pentas teater  tradisi terdapat  di berbagai daerah, misalnya Minangkabau menggunakan halaman rumah gadang, Kesenian Topeng dari Jakarta juga menggunakan halaman rumah sebagai arena pentas. Namun ada pula yang menggunakan bentuk panggung (dalam arti suatu tempat lebih tinggi yang dibuat dari benda-benda sekedarnya untuk arena pentas sehingga akan lebih jelas dilihat penonton). Untuk masyarakat Jawa bangunan pendopo digunakan untuk pentas tari klasik,  wayang kulit,  serta karawitan. Bangunan tersebut mempunyai makna dan filosofi tersendiri mulai dari bagian depan  disebut Kuncung, bagian tengah  disebut pendopo,  dan bagian belakang disebut  pringgitan.
     Pentas arena umumnya menempatkan diri di titik pusat. Apabila penonton berada di sekeliling pentas, pentas arena itu disebut pentas arena sentral (central staging). Pemberian nama pada bentuk  ini terletak pada penempatan penonton. Apabila penonton mengitari pentas berbentuk tapal kuda, maka pentas arena disebut pentas arena tapal kuda. Kemudian ada pentas arena U, pentas arena L,  pentas arena  lingkaran, setengah lingkaran, dan Amphi  theater  (penonton lebih tinggi dari daerah pemain).
     Kelompok-kelompok teater memilih pentas arena sebagai medan ekspresi mereka untuk melaksanakan gagasan yang dituangkan dalam bentuk pertunjukan. Tempat tersebut dapat ditemukan di lingkungannya misalnya di  balai desa, balai kecamatan, aula sekolah, kelas, pendapa kabupaten, dan sebagainya.
    Pentas arena sentral merupakan bentuk pentas tempat pertunjukan yang tertua. Meskipun bentuk fisik  pentas tidak berkembang secara jelas, bentuk-bentuk pentas teater tradisi rakyat di beberapa daerah telah menunjukkan indikasi bentuk pentas arena sentral. Bentuk  ini lebih banyak mengambil tempat di luar (eksterior) daripada di dalam (interior). Pentas dan auditoriumnya tidak diatur, tetapi penonton bebas menempatkan diri. Penonton tidak ditata dalam suatu  ruang tertentu.
    Pada prinsipnya ruang yang baik untuk pertunjukan tidak memiliki tiang bangunan yang mengganggu penonton.  Ketinggian atap yang memungkinkan untuk peralatan lampu harus dihindarkan dari tatapan mata penonton. Ruangan yang ideal adalah persegi empat, dan lantai penonton disusun bersaf tiga.
Setiap pertunjukan memerlukan  rencana pentas atau floor plan, apakah berupa pentas sentral, pentas arena tapal kuda, bujur sangkar,  dan sebagainya. Juga memiliki rencana penempatan benda-benda set/peralatan yang menetap di atas pentas.

 Penempatan peralatan di atas  pentas perlu diperhitungkan agar tidak mengganggu jalannya pentas, tetapi justru menunjang daerah pemeranan.  Jalan keluar masuk pentas oleh penonton dianggap sebagai peta bumi adegan sehingga perlu dicari jalan yang seefisien dan seefektif mungkin.

Gambar dan bentuk Teater arena

46
Gambar 1: Teater arena bentuk tapal kuda
 












       

45

Gambar 2: Teater arena bentuk U


 

 

 

 









44
Gambar 3: Teater arena bentuk  melingkar

 





























43

Gambar 4: Teater arena bentuk setengah lingkaran


 



42
Gambar 5: Teater arena bentuk L

 



2.  Bentuk Proscenium
Proscenium adalah bentuk pementasan yang memisahkan antara pemain/pentas dengan penonton/auditorium. Konstruksi dasar proscenium berasal dari analisis kedudukan,  terdiri atas tiga bagian yaitu;
A). Stage Block adalah tempat/arena pertunjukan
B). House Block adalah tempat penonton
C). Front House Block adalah tempat pekerja personalia pertunjukan atau public relation









Gambar 6: Sistem 3 blok

Banyak gedung pertunjukan di Yogyakarta yang mengacu pada konsep proscenium, misalnya gedung pertunjukan Tedjokusumo I FBS UNY, Purna Budaya, Auditorium PPPGK Yogyakarta, Gedung Pertunjukan Sociteit, Auditorium SMKI, Auditorium ISI, Gedung Kesenian  Kabupaten Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul, Bantul,  dan Kodya Yogyakarta.
Panggung proscenium yang terdapat di Indonesia pada umumnya tidak didukung oleh  teknologis tinggi, tidak memiliki permesinan panggung  (stage engineering) seperti yang dapat dipelajari dari buku-buku asing. Salah satu halnya tidak adanya ruang layang  (fly-gallery). Kenyataan yang ada di dalam panggung-panggung proscenium Wayang Orang, Ketoprak  atau Ludruk jelas bahwa ruang layang itu tidak ada. Panggung proscenium di Indonesia  masih sederhana, terdiri panggung dengan ruang pentas, layar-layar baik berupa layar pergantian adegan maupun layar set, sebeng-sebeng dan border. Selanjutnya diuraikan perpetaan panggung proscenium  selengkapnya, artinya termasuk adanya ruang layang yang tidak ada pada kebanyakan proscenium di Indonesia.

Pentas proscenium terdiri dari :
a). Pit atau sudut tempat orkes adalah  sebuah lantai di depan panggung menjorok lebih rendah dari lantai penonton. Diperlukan untuk tempat orkes ( orchestra pit).
b). Apron atau serambi panggung adalah bagian lantai panggung paling depan yang dibatasi oleh garis layar dan ujung lantai panggung yang menjorok ke auditorium. Ada beberapa pendapat tentang fungsi apron  pendapat pertama mengatakan bahwa apron kurang efektif sehingga tidak perlu adanya apron, karena masih banyak diperlukan ruang di belakang garis layar. Pendapat kedua menganggap perlu adanya apron, karena berfungsi  untuk mengisi acara ssbagai  selingan sambil menunggu pergantian adegan,  tempat pengacara memberikan pengumuman, penempatan mimbar ceramah, dan sebagainya.
c). Pelengkung proscenium bentuk pelengkung ini  tidak harus melengkung, pada umumnya berbentuk persegi.  Pelengkung proscenium disertai dengan  kain-kain (draperies) yang dipasang di belakang dinding proscenium. Biasanya dari kain tebal, misalnya beludru berwarna gelap. Pelengkung berfungsi sebagai penutup bagian-bagian lain di atas panggung yang tidak perlu dilihat penonton, misalnya tali temali, lampu-lampu, benda-benda skeneri. Kain-kain yang sejajar dengan pelengkung proscenium sisi atas disebut tiser dan border. Kain-kain yang sejajar dengan pelengkung proscenium yang tegak vertikal disebut tormentor dan sebeng.
d). Jembatan lampu letaknya di belakang tiser  dan berfungsi untuk menggantung lampu-lampu dan kain border kesatu. Jembatan lampu tergantung pada tali/kawat (slink) pada sistem bandul keseimbangan sehingga dapat dinaik-turunkan menurut kebutuhan.
e). Sicklorama adalah layar berbentuk tiga sisi atau yang sudut sudutnya dapat dilengkungkan. Gunanya untuk memberikan efek kedalaman latar belakang set eksterior langit atau cakrawala atau efek kedalaman ruang biasa.
f).  Penutup permainan di panggung ditutup dengan kain terpal/ lapisan karet tipis. Biasanya berwarna coklat tua atau abu-abu, kehijauan atau kehitaman. Penutup ini dipasang di lantai selebar luas lantai dan  berfungsi mencegah bunyi berisik saat pergantian set atau untuk mematikan bunyi langkah kaki bersepatu di lantai panggung.
g). Layar asbestos adalah layar tahan api yang terletak di jajaran paling depan memanjang sampai   di belakang proscenium. Dapat juga digunakan sebagai layar utama. Layar ini juga berfungsi untuk  menahan bunyi sehingga di kedua tempat dapat digunakan bersama tanpa saling mengganggu.
h). Layar utama  sebelum dibuka layar ini berfungsi  sebagai suatu dinding penghias auditorium yang memiliki nilai tersendiri. Misalnya pada teater wayang orang terdapat gambar pohon untuk memberikan suasana dalam auditorium. Di teater modern kedudukan layar utama sebagai titik pusat perhatian penonton yang harus serasi dengan lingkungan dalam auditorium. Warna polos dan kelam  dapat menyerap sinar sehingga tidak menyilaukan mata, dan dirangkai dari bahan tipis/sutera untuk menghindarkan lunturnya warna.
i). Layar layang (drop curtain) memiliki  kelebihan yaitu  cara kerjanya  yang tidak mengeluarkan bunyi pada saat layar bergerak, dan tidak ada kekhawatiran terlipat-lipat.
j). Layar tarik, layar ini membuka dan menutup panggung dengan ditarik ke samping dan ke tengah panggung. Layar ini terdiri dari dua bidang yang ditarik ke sisi pinggir kiri kanan pelengkung proscenium.
k). Layar Tab adalah layar yang cara-cara  kerjanya menggunakan sistem tarikan tali yang disalurkan melalui lintasan cincin-cincin. Apabila lintasan cincin menyilang diagonal,  maka membuka dan menutupnya layar juga diagonal. Bila lintasannya vertikal maka membuka menutupnya juga vertikal. Meskipun lengkungan layar tab dibuka memberikan bentuk hiasan yang bagus bagi suasana pertunjukan.
l). Layar gulung  sistem kerjanya dengan sistem gulung, seperti menggulung kre. Umumnya layar gulung digunakan di gedung wayang orang, ketoprak, atau ludruk yang memiliki ruang panggung yang sempit. Cara kerjanya sederhana sekali, dibuat dari bahan yang murah kemudian digambari dengan skeneri yang diperlukan.
m). Tiser dan Tormentor; Tiser adalah kain penghalang yang dipasang di atas panggung paling depan menyilang horizontal. Ukurannya lebih besar daripada ukuran border. Tormentor adalah penutup atau penghalang pandangan ke samping panggung paling depan yang dipasang secara vertikal. Biasanya tormentor dibuat dari papan datar atau dari kain berkerangka kayu sehingga berbentuk datar. Ujung atas tormentor bersentuhan dengan ujung samping tiser. Tormentor merupakan sebeng panggung paling depan yang  dapat diubah kedudukannya bergeser ke kiri atau ke kanan.  Dapat disimpulkan bahwa  fungsi utama tormentor dan tiser selain untuk menutupi pandangan penonton ke atas dan ke samping panggung juga berfungsi memperkecil lubang  proscenium.
n). Para-para adalah jajaran kayu dan besi yang disusun berderet letaknya di atas panggung. Para-para adalah tempat kedudukan kerekan tali penggantung layar, skeneri,  dan lampu.
o). Kantong pasir dan tali kerekan  untuk membantu memperingan kerja.  Kantong pasir ini digantung pada kerekan untuk beban.
p). Sistem bandul  keseimbangan  dapat  lebih aman dan merupakan cara pengerekan yang lebih baik serta mengatasi sebagian besar kesulitan yang ada pada sistem kerekan. Dalam sistem bandul keseimbangan utasan talinya diganti dengan kawat atau slink.
Di dalam panggung konvensional dikenal posisi panggung bawah  (down-stage), yaitu posisi panggung yang terletak di sebelah panggung utama yang dekat dengan penonton paling depan (Up-stage). Panggung atas yaitu  posisi panggung yang teretak di sebelah panggung yang jauh dari penonton paling depan.











16
Gambar 8. Bentuk  Proscenium Stage tampak depan
 













17

Gambar 9: Daerah Pentas Proscenium

 







Keterangan Gambar 9:
A.     down stage,   B. right stage, C. up stage, dan  D. left stage
1.      up right stage                                6.  middle left stage
2.      up center stage                              7.  down right stage
3.      up left stage                                   8.  down center stage
4.      midle right stage                            9.  down left stage
5.      center stage/dead center                10. apron

Gambar 10 : Bentuk Arena Pendopo

A
 


                 E                                                                                             E

                                  E                       E  



                                  D                   D

B

                                  D                    D

 
                                      
                                                       eE


             E                                                                                                     E




              E                                                                                                   E




                          


C
 
                 E                              E                               E                            E




Keterangan :
A.    Bangunan Depan (Kuncung)
B.     Bangunan Tengah (Pendopo)
C.     Bangunan Belakang (Pringgitan)
D.    Empat Tiang Penyangga Utama (Saka Guru)
E.     12 Tiang Penyangga (Saka Penjawat)

39

Gambar 11 : Drop dan wing set

 







Sistem membuka dan menutup layar

40
12 a. Up Down Fly Action
 








41

12 b. Draw Treverse Action









 






12 c. Tableaux Action





 






99

12 d. Countour Brail Action
 
                                               




Keterangan gambar 12:
a)      Sistem  naik-turun  (Up and Down Flay Action).
b)      Sistem kupu tarung  (Draw Treverse Action).
c)      Sistem kelambu tempat tidur  (Tableaux Action).
d)     Sistem gelombang air (Countour Brail Action).

3. Bentuk Campuran
Bentuk campuran adalah bentuk  pentas yang memiliki bentuk percampuran dari teater arena dan teater proscenium dengan menggabungkan dan meniadakan beberapa sifatnya. Penggabungan tersebut  adalah  kesederhanaan pentas arena dan  jarak yang jauh pada pentas proscenium. Aspek yang dihilangkan adalah  keakraban pentas arena  dan  bentuk yang tertutup.  Misalnya panggung yang dibuat untuk pentas di televisi baik TVRI maupun TV swasta seperti Indosiar, RCTI, SCTV, Lativi, TV-7, MTV, dan  TPI.   Pada dasarnya  pentas seperti ini merupakan campuran dari dua atau lebih tipe pentas seperti bentuk arena dengna proscenium. Membuat pentas semacam ini dimaksudkan untuk melayani pertunjukan sebaik mungkin dalam hubungannya dengan penonton.
          Arsitektur pentas modern mempunyai beberapa cirri yang dapat disebutkan di bawah ini.
1). Lantai pentas dibuat datar.
2). Lantai auditorium dibuat meninggi ke belakang dengan kostruksi berundak yang berselisih ketinggian  tiap lantai kira-kira 10 cm.
3). Panjang auditorium kurang lebih 2,5 luas rongga  pentas dengan lebar berdasarkan atas sudut pandangan maksimal.
4). Deret kursi disusun dalam posisi agak melengkung dan berselang-seling dengan jarak masing-masing deret 0,75 cm.
5). Titik khayal pentas yang merupakan titik pusat terletak pada jarak 2m dari tirai penutup.
6). Deret kursi terdepan jarak 2,5 m dari orchestra pit (ruang musik)
7). Bila memungkinkan akan lebih baik ada bangunan Balkon (tempat penonton di lantai dua)
8). Lantai penonton sebaiknya menggunakan keramik warna gelap misalnya, biru, coklat, krem atau ping.
36
Gambar 14: Susunan penonton yang benar