Pages

Selasa, 22 November 2011

Anatomi Manusia



Anatomi manusia adalah sebuah bidang khusus yang mempelajari struktur tubuh manusia. Struktur tubuh tersebut diantaranya adalah kepala, wajah (dahi, mata, telinga, hidung, mulut, lidah, gigi, rahang, pipi, dagu), leher (tenggorokan , jakun), bahu, dada (buah dada, tilang rusuk), pusar, perut (pinggul), organ seks (penis / skrotum, vagina / klitoris), paha, lutut, betis (tulang kering), pergelangan kaki, telapak kaki (tumit, jari kaki), lengan, siku / sikut, pergelangan tangan, telapak tangan (jari tangan), tulang belakang, kulit, rektum, anus, pantat.

Secara umum struktur anatomi manusia antara yang satu dengan yang lain tidak ada perbedaan (pada manusia normal) yang membedakan hanya bentuk dan ukurannya saja. Misalkan ukuran postur tubuh orang Indonesia lebih pendek dari pada orang-orang barat yang memiliki postur tubuh lebih besar. Atau bentuk mata orang Jawa lebih besar dibandingkan dengan mata orang China yang sipit. Ataupun warna kulit dan sebagainya.
Fungsi mempelajari anatomi manusia di jurusan Pendidikan Seni Tari adalah agar bisa melakukan gerak dengan baik dalam menari dan tidak terjadi kesalahan dalam gerak.